Cara Diet Mudah dan Ringan Untuk Anak Obesitas

Jumlah anak penderita obesitas semakin meningkat setiap tahunnya, apalagi pada anak di kota yang besar seperti Indonesia. Obesitas diketahui sebagai penyebab utama munculnya penyakit diabetes tipe 2. Kebanyakan obesitas terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang tidak baik. Sebagai orang tua anda perlu memantau grafik pertumbuhan sang anak.

Anak yang gendut sudah tidak bisa dianggap menggemaskan lagi. Saat berat badan anak tidak sesuai dengan usianya dan tinggi badannya, anda perlu mewaspadainya.


Berikut ini adalah cara mudah untuk menurunkan berat badan anak tanpa membuatnya merasa kelaparan.

  • Gizi yang seimbang

Berikan makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang. Sesuaikan asupan kalorinya dengan aktivitas yang dia lakukan setiap harinya. Semakin padat aktivitasnya maka akan semakin banyak juga asupan kalori yang dia butuhkan, jangan sampai anda memberikan mereka makanan dengan kandungan kalori yang berlebihan tanpa adanya aktivitas. Hal ini akan semakin menambah berat badan sang anak.

  • Aktivitas fisik

Olahraga merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk menurunkan berat badan, baik untuk dewasa ataupun anak-anak. Selain berolahraga, ajak anak untuk bergerak saat sedang di rumah. Contohnya mengambil makanannanya sendiri. Untuk anak yang sudah lebih besar, anda dapat meminta mereka untuk membantu anda dalam membersihkan rumah. Jangan biarkan mereka menonton televisi sambil melahap cemilannya.

  • Atur cemilannya

Apabila selama ini anda mebiarkan sang anak mengonsumsi cokelat, keripik kentang, es krim dan soda di sela-sela waktu makanan mereka, mulain saat ini anda perlu mengubahnya dengan cara sediakan cemilan yang sehat dan rendah akan kandungan lemak seperti youghut, jus buah, biskuit gandum dan puding buatan sendiri tanpa tambahan gula. Untuk mendapatkan rasa yang manis anda bisa mendapatkannya dari buah.

  • Makan bersama

Pada umumnya seorang anak-anak apabila makan enaknya pasti sedang nonton tv. Sekarang ubahlah kebiasaan tersebut usahakan untuk makan bersama seluruh anggota keluarga di meja makan, minimal 5 x dalam seminggu. Penelitian menemukan bahwa seorang anak yang makan bersama di meja makan lebih mudah mengontrol berat badannya, dari pada yang makannya di depan tv.

  • Sarapan

Pastikan anda menyediakan sarapan setiap harinya sebelum anak beraktivitas tentunya sarapan yang anda sediakan juga perlu sarapan yang sehat, dan memenuhi kebutuhan gizi sang anak. Dengan sarapan yang cukup maka anak tidak merasa terlalu laper saat makan siang, yang bisa menyebabkan mereka makan berlebihan.

Cara Diet Mudah dan Ringan Untuk Anak Obesitas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: obatherbal

0 komentar:

Posting Komentar